Halaman

12 Jul 2013

7 Website Favoritku

Browsing sudah menjadi kewajiban yang harus saya lakukan setiap hari. Aktivitas pertama yang saya lakukan ketika PC kantor saya menyala adalah browsing. Mayoritas orang akan masuk ke situs berita (baca: kompas.com; detik.com, dll) untuk mengetahui kabar terbaru. Saya pun tak terkecuali. Tetapi, tentu saja saya juga punya situs-situs favorit yang lain. Coba kita lihat satu-satu :p

1. Dramabeans

Sejak saya menjadi penggemar drama Korea, situs ini menjadi referensi yang paling saya percaya. Situs yang sudah ada sejak 2007 (kalau saya tidak salah ingat) ini dirintis oleh javabeans, kemudian dibantu girlfriday. Saat ini, kontributornya ada beberapa orang dan mayoritas justru tidak tinggal di Korea. 

Informasi mengenai drama terbaru mulai dari sinopsis, calon pemain sampai jadwal tayang semuanya lengkap dibahas disini. Buat beberapa orang yang suka baca recap, saya paling suka cara bercerita di situs ini, ditambah dengan opini penulis-penulisnya yang cerdas (IMHO), kadang memuji tetapi sering 'nyinyir' juga :p Walaupun sempat sekali terkena lawsuit, tetapi tidak menjadi masalah berarti karena fans yang jumlahnya ribuan dan tersebar di berbagai negara bergerak cepat melindunginya.

Beberapa waktu lalu saya bahkan sempat 'kopdar' dengan beberapa pembaca setia dramabeans yang ada di Jakarta. Sayang, peminatnya masih malu-malu jadi tidak bisa berlanjut menjadi acara komunitas yang konsisten. Semoga suatu hari nanti (uhuk,kapan ya? :p) bisa menjadi salah satu komunitas yang oke :)

2. Fimela

Indonesian online fashion and lifestyle magazine. Itu adalah tagline yang diusung fimela. Saya berhenti menjadi pembaca majalah wanita konvensional (baca: majalah edisi cetak) sejak situs ini mulai ada. Fimela menyuguhkan editorial yang menarik menurut saya. Topik yang dibahas mengikuti tren, apalagi karena bentuknya digital jadi informasi yang berputar pun lebih cepat daripada majalah cetak. Informasi yang disampaikan mungkin tidak akan serinci dan selengkap majalah cetak, tetapi informasi awal buat saya sudah cukup. Kenapa? Karena pembaca majalah online seperti saya, biasanya cenderung gemar browsing (bahasa kerennya: lebih melek teknologi :p), jadi bisa mencari informasi rinci lainnya sendiri ^_^

3. Duduk Bersila

Blogger di Indonesia itu amat sangat banyak. Jumlahnya di Bloglovin saya bahkan >100 (sampai mabuk kadang-kadang bacanya :p). Tapi, tulisan mbakdos (nickname si penulis di dunia maya) tidak pernah gagal membuat saya merenung sejenak untuk meresapi isi tulisannya. Mungkin karena latar belakang penulis yang kebetulan dosen psikolog di salah satu universitas swasta di Jakarta, makanya cara berpikirnya cukup sistematis, logis dan tepat sasaran. Ssssttt..mbaknya ini sepertinya cantik lho, kalau baca liputannya (beberapa kali sempat masuk majalah) atau follow ocehan-ocehannya di twitter :p

4. Wanderbites

Saya diperkenalkan ke situs ini justru oleh suami saya. Saya dan suami termasuk pasangan yang doyan makan (lingkupnya masih di Jakarta sih, malah kalau perlu diperkecil lagi menjadi Jakarta Selatan area only :p), makanya kami selalu mencari referensi tempat makan asyik. Foodblogger sekarang juga jumlahnya banyak sekali. Tetapi, blog yang gaya bahasanya sesuai dengan selera saya, tidak banyak jumlahnya. Wanderbites bisa memberikan review yang simpel, tetapi tetap informatif, didukung profesi penulisnya sebagai foodphotograper sehingga mampu menampilkan foto berkualitas. Oh ya, saya sarankan jangan membaca situs ini saat lapar, dijamin bakal makin kelaparan :D

5. Yoris Sebastian

Nah, kalau ini saya yakin sebagian besar orang sudah tahu siapa. Saya memang mengidolakan Yoris, karena menurut saya caranya melihat sesuatu memang lain daripada yang lain. Saya sudah membaca semua bukunya, walaupun sampai sekarang masih terus belajar untuk bisa menerapkan ilmu-ilmunya yang (buat saya) tidak mudah. Seringnya saya tidak konsisten, jadi kembali lagi ke kebiasaan semula dan bermalas-malasan, tidak mau berpikir kreatif. Makanya, membaca tulisan Yoris mengenai berbagai hal dari sudut pandang yang tidak biasa, mengingatkan saya untuk selalu berpikir kreatif. Pekerjaan saya mungkin tidak menuntut sisi kreatif, tetapi (IMHO) pola berpikir kreatif itu penting dan bisa diterapkan di semua hal. Belajar berpikir kreatif paling tidak memberi kontribusi untuk memaksa saya berpikir kritis dalam pekerjaan.

6. Outside Seoul

Saya menemukan situs ini secara tidak sengaja.Tetapi, saya langsung jatuh cinta. Situs ini (lagi-lagi) membahas semua hal yang berkaitan dengan drama Korea. Bedanya, kalau kontributor dramabeans (sepertinya) memang orang Korea yang kebetulan tidak tinggal disana, pengelola situs ini justru seorang American yang menjadi fans kdrama. Membaca pembahasan kdrama dari sudut pandang an American is quite interesting. Amanda, begitu nama pengelolanya, banyak memberikan opini seputar kdrama yang menurut saya insightful. Saya memang penggemar kdrama tetapi jangan bayangkan saya seperti ABG kebanyakan yang hanya tergila-gila kegantengan para pemain prianya (walaupun iya juga sih kadang-kadang :p), tetapi saya lebih tertarik belajar lebih dalam mengenai industri kdrama itu sendiri. Dan tulisan-tulisan Amanda memberikan banyak informasi yang selama ini saya tidak tahu.
 
7. Traveling Cow

Lagi, saya menemukan situs ini secara tidak sengaja ketika saya browsing mengenai daftar toko yang menjual perlengkapan untuk traveling. Sejauh yang saya tahu, penulisnya bekerja sebagai seorang profesional yang memang 'banci pergi', seringnya bersama suaminya tetapi juga sering bersama teman atau keluarganya. Hebatnya, Mbak Vari ini sudah berkeliling ke banyak tempat, bukan hanya di Indonesia tetapi ke berbagai penjuru dunia. Sejujurnya saya iri, bagaimana dia bisa mengatur jadwal agar bisa bepergian tetapi tetap bekerja sebagai seorang profesional :p

Travel blogger itu juga banyak sekali jumlahnya. Tetapi, saya suka membaca tulisan Mbak Vari karena informatif dan gaya penceritaannya pas selera saya. Tidak hanya sisi bagusnya saja yang diulas, tetapi juga pengalaman-pengalaman kurang menyenangkan yang membuat saya lebih aware ketika saya memutuskan untuk mengunjungi tempat tersebut. Dia juga sering menjadi kontributor beberapa majalah travel dan buku traveling.

====================
Ok, website-website diatas adalah favorit saya. Website yang sesuai dengan selera saya. Ingin tahu juga sih, kira-kira apa ya website favoritmu? :p

1 komentar:

  1. Haiii...aku baru ngeh nihh ternyata Traveling Cow disebut disini!!...hohoho..tengkyu yaahhh udh jd pembaca setau..muah muah..

    BalasHapus