Halaman

1 Agu 2013

[IRRC2013 #1] Book Review: Mafia Espresso

Senang berbisnis dengan Anda. Hubungi saya bila ada orang lain yang perlu Anda lenyapkan.
(Mafia Espresso halaman 99)
Saya hanya bisa mengulum senyum membaca kalimat tersebut. Harus saya akui, Sophie Pieters -tokoh utama wanita dalam novel ini- seringkali larut dalam pikiran-pikiran konyolnya sendiri. Bahkan Maggie -sahabatnya- kadang bingung menentukan, apakah Sophie memang memiliki daya analisa yang tajam atau daya imajinasi yang terlalu tinggi. Tetapi, tingkah laku Sophie yang konyol itulah yang justru memikat Antonio Azzaro -pria Italia tokoh utama novel ini- untuk mendekatinya.

Saya sebetulnya kurang suka dengan gambar sampulnya yang kurang meng-Indonesia, walaupun akhirnya saya paham bahwa meski ditulis oleh penulis Indonesia, latar dan tokohnya bukan di Indonesia. Novel yang ditulis oleh Francisca Todi ini sukses menghibur saya saat sedang jenuh. Cerita yang mengalir dan dialog yang jenaka menjadi kekuatan tersendiri dari novel ini.

Sayangnya, dengan plot maju, saya merasa alurnya melambat di bagian pertengahan sehingga saya sempat merasa bosan. Menurut saya konflik antar tokohnya kurang terbangun. Flat. Misalnya bagian Tina -kakak Sophie- yang menjadi sulit dihubungi karena harus bekerja keras sampai kelelahan, alasan kenapa dia harus bekerja sekeras itu seperti kurang masuk akal buat saya. Atau bagian Ray -mantan pacar Sophie- yang dikisahkan amat sangat menyebalkan, tidak tampak sebegitu menyebalkannya untuk saya. Entah kenapa saya merasa karakter tokohnya dibuat serba tanggung.

Satu lagi yang amat saya sayangkan; pendeskripsian latar cerita. Tadinya saya berharap, dengan perjanjian antara Sophie dan Antonio, pembaca akan dibawa berkeliling meng-explore tempat-tempat seru di Belanda. Tetapi, hampir tidak ada deskripsi Belanda di buku ini. Kalaupun ada, hanya yang sifatnya sangat umum. Sayang. Padahal saya ingin lebih banyak tahu tentang Belanda karena belum pernah kesana :p

But overall, i enjoy this book. Antonio's habit who were happy to tease Sophie is really entertaining. I think i should read more romantic-comedy novel to keep me laughing. So, i recommend this book if you are looking for light romantic-comedy story :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar